Deni Kurnia

Seorang guru sekaligus blogger, yang berniat berkhidmat untuk umat dengan apapun yang bisa dilakukan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Change the Habit! (Tantangan Gurusiana Hari ke1)
change the habit

Change the Habit! (Tantangan Gurusiana Hari ke1)

The start is difficult, setiap memulai sesuatu itu terasa sulit. Begitu juga untuk merubah suatu kebiasaan, sangat sulit untuk memulainya. Terkadang terlontar pertanyaan, mulainya dari mana ya?

Merubah kebiasaan dari yang buruk menuju hal baik, dari yang serba kurang menuju yang mendekati kesempurnaan. Merubah yang tidak bisa menjadi terbiasa. Itulah hakikat dari Change the habit!

Ada beberapa prasyarat yang harus kita miliki untuk memulai atau mencipta sebuah kebiasaan baik, antara lain :

1. Memiliki 'azam (keinginan) yang kuat untuk berubah

2. Memiliki teman/komunitas yang saling mengingatkan dan saling menguatkan dalam proses perubahan.

3. Berani memulai!

Dari mana kita memulai mencipta kebiasaan yang baik itu? Atau bagaimana cara Change the habit?

Kita ambil contoh program di GuruSiana ini. Di sini guru-guru didorong untuk biasa dan bisa menulis, dengan aneka "tantangan" yang didesain sedemikian rupa bagi para anggotanya. "Goal" atau tujuan akhirnya, ya guru tidak sekedar menjadi guru, tapi guru yang pandai mengajar juga melalui tulisan.

Kembali ke pertanyaan, dari mana ya memulainya?

Pertama, munculkan azam atau tekad, bahwa saya harus bisa menulis. Baca literasi keberhasilan para penulis untuk menjadi pendorong semangat. Makin banyak membaca karya orang lain, akan makin memperkaya khazanah kebahasaan kita.

Tapi, perlu diingat, tetap JADILAH DIRI SENDIRI. Menulis dengan gaya sendiri akan menjadi ciri dan jati diri.

Kedua, gabung ke komunitas menulis. GuruSiana, salah satunya. Dengan bergabung ke sebuah komunitas yang anggota-anggotanya memilki kecenderungan hobi yang sama, akan saling mengasah kemampuan dalam hal menulis. Ini akan lebih terasa manfaatnya ketika kita istiqomah dalam menjalankan programnya.

Ketiga, dan ini yang terpenting, MULAILAH MENULIS.

Dai kondang, Aa Gym meluncurkan slogan 3M untuk Change the habit, yaitu MULAI DARI HAL KECIL, MULAI DARI DIRI SENDIRI, dan MULAI SAAT INI.

Jadi tunggu apa lagi wahai para guru, yuk kita bersama merubah kebiasaan dengan memulainya saat ini. In sya Allah!

#TantanganGuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post